Home » Jalur Penerimaan » SNMPTN 2021

SNMPTN 2021

Pendahuluan

Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi tepat waktu. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Dalam kerangka integrasi pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi, sekolah diberi peran dalam proses seleksi SNMPTN. Oleh karena itu, sekolah berkewajiban mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa dengan lengkap dan benar. PDSS merupakan basis data yang dijadikan sumber utama data SNMPTN. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SNMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Tujuan

Tujuan SNMPTN adalah

  1. Memberikan kesempatan kepada siswa SMA/SMK/MA yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN);
  2. Memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi pada jenjang SMA/SMK/MA.

Pendaftaran Seleksi Mandiri Tahun 2021

Masih ada kesempatan untuk mendaftar menjadi Mahasiswa Baru Tahun 2021 pada Universitas Pattimura. Klik pada link berikutĀ https://pmbmandiri.unpatti.ac.id untuk informasi lebih lanjut

JENJANG PENDIDIKAN

  1. Jenjang Sarjana (S1)
    untuk jenjang sarjana (s1) terdapat 2 pilihan berdasarkan asal pendidikan yakni asal SMA dan asal Diploma
    Biaya Pendaftaran : Rp. 250,000,-
  2. Jenjang Magister (S2)
    disediakan untuk pendaftar dengan jenjang pendidikan asal sarjana (S1)
    Biaya Pendaftaran : Rp. 1,000,000,-
  3. Jenjang Doktor (S3)
    disediakan untuk pendaftar dengan jenjang pendidikan asal magister (S2)
    Biaya Pendaftaran : Rp. 2,500,000,-